Direktorat PSMK Gelar Seminar Pendidikan Sistem Ganda bekerja sama dengan KADIN (IHK) Jerman

Oleh: Muhammad Abdul Majid · Selasa, 29 Oktober 2019 12.07 · 404

Bagikan

Jakarta. Pada hari ini, Selasa 29 Oktober 2019 Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Dit. PSMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Kamar Dagang Industri (KADIN) Indonesia dan KADIN Trier German mengadakan seminar pendidikan kejuruan dengan Sistem Ganda.

Acara ini dihadiri oleh elemen penting dalam pengembangan pendidikan kejuruan di Indonesia seperti baik sesama lingkungan Kementerian yaitu Bappenas, Kementerian Perindustrian, Kementerian PMK, Kementerian Koordinator Perekonomian dan juga Dinas Pendidikan Provinsi maupun dari unsur lain yang juga turut serta berkontribusi terhadap pendidikan seperti GIZ German serta beberapa unsur lainnya yang berasal dari lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Acara ini diisi oleh 4 Narasumber yang terdiri dari 2 orang berasal dari Association of German Chambers of Industry and Commerce (IHK) dengan materi praktek pelaksanaan dual system di German dan Integrasi antara DUDI dengan Pendidikan Kejuruan serta tantangan pengembangan dual system di German untuk bisa diadopsi di Indonesia dan 2 orang dari KADIN Indonesia yang menjelaskan tentang konsep penerapan dual system serta peran kadin dalam pendidikan vokasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dan melakukan sharing knowledge terhadap praktek pendidikan dual system di German. Harapannya ke depan, dual system bisa terimplementasikan dengan baik di Indonesia dan jadi salah satu solusi untuk pengembangan SMK ke depannya. Selain itu juga hadirnya kebijakan Dedactable Tax yaitu pengurangan pajak terhadap perusahaan yang berkontribusi untuk pendidikan kejuruan menjadi momentum untuk perusahaan atau Dunia Usaha dan Industri ikut andil masif dalam agregasi pengembangan ke depan.

Bagikan

#PetuahPetuah

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda.

Tan Malaka