Akhiri Batch Pertama, Lulusan SMK Coding Siap Masuk Industri

Oleh: Apriliyadi · Senin, 4 November 2019 17.59 · 319

Bagikan

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Niagahoster telah sukses menyelenggarakan SMK Coding batch pertama di Kota Yogyakarta. Program SMK Coding batch I ini dilaksanakan di 4 SMK, yaitu SMK N 2 Yogyakarta, SMK N 1 Sanden, SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, dan SMK Maarif 1 Temon.

Peserta SMK Coding ini merupakan siswa-siswa SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di masing-masing SMK. Selama lima minggu, para siswa belajar tentang bahasa pemrograman Android yang dipandu oleh mentor-mentor dari kalangan website developers, pegiat IT dan startup di Yogyakarta.

Closing Ceremony batch 1 diadakan di Balakosa Coffee & Co. untuk mendata lulusan SMK Coding sekaligus memberi ruang bagi para peserta SMK Coding mempresentasikan produk atau sistem yang telah dibuat. Hasil presentasi dan produk ini dinilai oleh juri dari startup dan mitra lokal Kominfo di Kota Yogyakarta, yaitu Niagahoster, Yoofix, Ivenframe, Selena, dan Local Rental.

Adapun dalam acara ini hadir pula Kepala Seksi Penerapan Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Sonny Sudaryana; Head of Corporate Social Responsibility PT Transportasi Gas Indonesia (anak Perusahaan Gas Negara), Benny Kurniawan; CEO Niagahoster, Ade Syah Lubis; Warsono, Perwakilan Disdikpora DIY; Perwakilan Yayasan Alkademi Karya Bangsa, Dian Helmi dan Gina Mardiana.

“Mencetak talenta-talenta digital yang berkualitas merupakan pekerjaan kita bersama. Dari sisi pendidikan, pemerintah, dan industri harus saling mendorong. SMK Coding ini adalah salah satu upaya yang sangat baik untuk menyatukan ketiganya,” ungkap Warsono, Perwakilan Disdikpora DIY.

Kominfo menyampaikan pemerintah memiliki target memenuhi 25.000 talenta digital dalam kurun waktu 2019-2020. Lulusan SMK Coding diharapkan mengisi kekosongan talenta digital yang ada di industri. Program SMK Coding ini juga diprioritaskan untuk meningkatkan kapasitas SDM Indonesia, khususnya lulusan SMK.

Setelah mengikuti SMK Coding ini, lulusan berkesempatan untuk disalurkan menjadi tenaga magang di mitra Kominfo. Sebagai mitra lokal Kominfo di Provinsi Yogyakarta, Niagahoster juga menyatakan kesiapan untuk menampung para lulusan SMK Coding ini.

Niagahoster menyatakan, batch I ini merupakan evaluasi bagi pelaksanaan program SMK Coding di angkatan selanjutnya. Rencananya, program SMK Coding batch II akan dilaksanakan di awal tahun 2020. Kominfo mengharapkan lebih banyak SMK di Provinsi Yogyakarta yang bergabung di program ini.

“Angkatan pertama di Yogyakarta tidak hanya menjadi percontohan, tetapi juga menjadi penyemangat bagi SMK lain untuk mengikuti program ini.” kata Sonny Sudaryana, Kepala Seksi Penerapan Aplikasi Informatika Kemenkominfo.

 

Sumber: suaramerdeka.com

Bagikan

#PetuahPetuah

Tak ada harta pusaka yang sama berharganya dengan kejujuran.

Mohammad Hatta