Lomba Menerbangkan Drone Jadi Ajang Unjuk Kebolehan Siswa SMK

Oleh: Muhammad Abdul Majid · Kamis, 30 Januari 2020 10.24 · 482

Bagikan

Lomba menerbangkan drone di Tulungagung diikuti belasan siswa yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK se Jawa Timur. Selain menggunakan drone buatan pabrik, beberapa siswa memilih menggunakan drone hasil rakitan sendiri.

Salah satunya adalah Muhammad Khoirul Rosikin, dari SMKN 7 Jember. Ia mengaku merakit sendiri drone yang dilombakan karena bisa menyesuaikan dengan keinginannya dan membuatnya lebih bangga. "Kalau pakai hasil rakitan sendiri lebih bangga," ujarnya, Rabu (29/1/2020).

Ia mengaku menghabiskan biaya kurang lebih Rp 2,5 juta untuk merakit drone ini. Selain bisa untuk mengambil gambar, drone ini juga bisa untuk memindahkan barang dengan berat maksimal 200 gram. "Kesulitannya karena manual jadi untuk keseimbangan masih kurang stabil, terlebih anginnya di sini kencang," ujarnya.

Rapaharya, salah satu juri menjelaskan terdapat beberapa penilaian yang dilakukan. Para siswa akan dinilai mulai dari teknik menerbangkan drone, hingga teknik pengambilan gambar sebuah objek. Mereka juga harus bisa melewati lintasan berbentuk angka delapan, yang disiapkan panitia.

"Dalam melewati lintasan ketinggian drone juga tidak boleh lebih dari dua meter, jika lebih maka penilainnya akan berbeda," jelasnya.

Sumber : 

Bagikan

#PetuahPetuah

Seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan.

Pramoedya Ananta Toer