Peluncuran Modul Kolaborasi Kurikulum Darurat di Era Adaptasi Kebiasaan Baru SMK Negeri 9 Bandung

Oleh: Dadan Sukma · Kamis, 3 September 2020 19.33 · 652

Bagikan

Selasa, 1 September 2020. Direktur Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dr. Ir. M. Bakrun, MM) mengunjungi SMKN 9 Bandung. Dalam kunjungan tersebut sekaligus meninjau kesiapan SMKN 9 Bandung dalam rangka belajar mengajar di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), peluncuran modul pembelajaran kolaborasi di masa AKB, dan peluncuran aplikasi Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Dalam sambutannya, Bakrun menyampaikan bahwa SMK harus menjadi sekolah pencetak generasi unggul sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing, sehingga lulusan SMK dapat terserap banyak di dunia kerja, dan bahkan lulusan SMK dapat menciptakan lapangan kerja di lingkungan masyarakat sekitarnya. Di masa AKB ini, SMK yang telah siap mengadakan belajar mengajar khususnya untuk mata pelajaran produktif dan SMK yang telah siap mengadakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi siswanya, diperbolehkan jika telah mendapat persetujuan dari satuan tugas Covid-19 yang ada di daerah masing-masing, ujar Bakrun.

Selain itu, Bakrun mengungkapkan bahwa SMK harus mempunyai Link and Match yang baik di berbagai aspek, diantaranya kurikulum, mitra dunia usaha/industri, dan pemasaran lulusan. Melalui Link and Match yang baik ini diharapkan SMK, khususnya SMKN 9 Bandung dapat mencetak lulusan yang unggul yang siap bekerja, melanjutkan, atau berwirausaha.

Dalam acara ini, dihadiri juga oleh Sektetaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Pejabat KCD Wilayah VII, Kepala Sekolah dan manajemen SMKN 9 Bandung, Kepala Sekolah SMK terdekat, perwakilan dunia usaha/industri, unsur pimpinan kewilayahan, serta para tamu undangan lainnya.

Rangkaian acara lainnya yaitu kunjungan keliling SMKN 9 Bandung, peresmian Teaching Factory dengan produk unggulan aneka olahan kopi dan roti, serta diakhiri dengan acara diskusi antara Direktur  SMK dengan beberapa kepala sekolah undangan dan pihak terkait lainnya.

Bagikan

#PetuahPetuah

Seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan.

Pramoedya Ananta Toer