Dongkrak IPM, Politeknik Megatronik dan SMK Negeri Tulis akan Hadir di Batang

Oleh: Muhammad Abdul Majid · Rabu, 30 September 2020 18.04 · 152

Bagikan

Untuk menunjang adanya Kawasan Industri Terpadu Batang (KIT) dibutuhkan SDM unggul sehingga perlu adanya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Hal itu pun sejalan dengan visi - misi Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Suyono yakni meningkatkan IPM dengan menggenjot sektor bidang pendidikan.

Untuk itu, Pemkab Batang terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendirikan sarana pendidikan menengah maupun pendidikan tinggi. Kepala Bapelitbang Batang, Ari Yudianto menjelaskan untuk menunjang KIT Batang akan dihadirkan Politeknik Megatronika di bawah Kementerian Perindustrian dan juga SMK negeri di Kecamatan Tulis.

"Dengan adanya dua fasilitas pendidikan ini juga untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di KIT nantinya, baik untuk tenaga kerja lulusan SMK sederajat dan juga lulusan perguruan tinggi," tuturnya, Rabu (30/9/2020). Untuk penjuruan SMK dan prodi di politeknik nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan KIT.

Dia juga berharap dengan kehadiran dua sarana pendidikan menengah dan tinggi ini diharapkan dapat mendongkrak IPM masyarakat Batang, khususnya di bidang pendidikan.

"Mengapa IPM kita rendah adalah satu diantaranya karena banyaknya masyarakat Batang yang mengenyam pendidikan di luar Batang," jelasnya.

Menurutnya, satu diantara solusi untuk meningkatkan IPM di Batang adalah dengan membangun perguruan tinggi dan pendidikan menengah berkualitas di Batang.

"Batang sudah ada Undip, UNISS, kemudian STIKP Muhammadiyah, dan nanti akan disusul dengan Politeknik Megatronika yang akan di bangun di Kawasan Industri Terpadu Batang dan lainnya," ujarnya

Selain mendongkrak IPM, kehadiran Politeknik Megatronika dan SMKN di Kecamatan Tulis ini diharapkan mampu mencetak lulusan yang siap kerja.

"Kehadiran KIT tentunya akan menyerap tenaga kerja baru, dimana harus ditunjang dengan SDM lokal yang memadai, putra daerah tidak hanya bisa sekadar menonton pembangunan KIT Batang, tetapi juga turut menikmati efek positif pembangunan," pungkasnya.

Sumber:  https://jateng.tribunnews.com/2020/09/30/dongkrak-ipm-politeknik-megatronik-dan-smk-negeri-tulis-akan-hadir-di-batang.
 

Bagikan

#PetuahPetuah

Tak ada harta pusaka yang sama berharganya dengan kejujuran.

Mohammad Hatta